Tuesday, January 20, 2015

Artikel Kesehatan Falsafah Pengobatan

1/20/2015

Share it Please
Dalam artikel kesehatan pertama ini sedikit membahas mengenai falsafah pengobatan

Mengobati diri sendiri adalah suatu kewajiban dalam falsafah pengobatan adalah dasar untuk meraih kesehatan. Untuk meraih kesehatan manusia melakukan berbagai upaya dari menjaga pola makan, bekerja dan istirahat yang seimbang, menghindari stres dan lain sebagainya.

falsafah-pengobatan

Untuk memahami falsafah pengobatan perlu diperhatikan pendapat Tyler Kent bahwa bahwa yang namanya penyakit adalah kelanjutan (ultimate) dari proses sebelumnya, yaitu adanya ketidak-serasian antara the will (kemauan) dan teh understanding (pengertian).

Prinsip Sehat Dasar Falsafah Pengobatan

  1. The Will terpenuhi, hidup tenang/sehat
  2. The Will tidak terpenuhi namun diselesaikan The Understanding, hidup akan kembali tenang/sehat.
  3. The Will tidak terpenuhi dan tidak diselesaikan dengan The Understanding akibatnya timbulnya konflik jiwa berakibat stress berujung pada keluhan badan menjadi tidak tenang dan sakit.
falsafah-pengobatan

Sistem dan Falsafah Pengobatan

Sistem dalam pengobatan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan pada falsafah pengobatan yang dianutnya:

Falsafah Pengobatan Allopathy

Dalam sistem allopathy falsafah pengobatan dilakukan dengan cara menyerang penyakit bertujuan untuk membunuh penyakit, oleh karena itu dosis yang diberikan harus besar atau cukup untuk membunuh penyakit. Ini merupakan falsafah pengobatan umum yang digunakan dalam praktek pengobatan modern saat ini.

Falsafah Pengobatan Homeopathy

Berbeda dengan sistem allopathy dalam sistem homeopathy, falsafah pengobatan yang digunakan adalah bekerja sama dengan sistem imun atau kekebalan tubuh. Obat yang diberikan bertujuan untuk merangsang kekebalan tubuh (antibodi/fital force) sehingga tubuh itu sendiri yang menyerang penyakit yang timbul dalam tubuh. Dengan falsafah pengobatan ini maka dosis yang diberikan sangat kecil cukup untuk merangsang sistem kekebalan tubuh menyerang penyakit. Untuk sistem homeopathy dan falsafah pengobatan yang dianutnya dapat dipelajari pada bahasan apa itu homeopathy dan falsafah pengobatan homeopathy.
falsafah-pengobatan






0 comments: